Kamis, 07 Juni 2012

Tips Munculkan Mood Untuk Para Vokalis

Yukie PAS

Bagi ente yang berprofesi sebagai vokalis, pastinya pernah kan merasakan yang namanya bad mood? Apalagi saat mau naik panggung.
Nah, berikut tips yang harus ente lakukan untuk memunculkan mood yang sempat hilang. Agar jangan sampe waktu manggung ato rekaman menjadi berantakan cuma gara-gara mood ente lagi jelek.
1. Imajinasi.
Bayangin ente lagi berada di tempat yang paling ente sukai. Entah pantai, gunung, atau dimana aja. Hindari jalan mondar-mandir, sebab malah bikin pusing, terutama bag yang melihat.
2. Tenang.
Relax, ambil napas panjang, pikirkan hal positif. Ini harus dan wajib ente lakukan. Jangan memikirkan yang aneh2, dan tetap nikmati setiap irama lagunya.
3. Cari Lagu Kesukaan.
Nah, jika ente seorang vokalis, ente harus bergabung dengan band lagu yang ente sukai. Baik dari genre ataupun liriknya biar pas nyanyi tidak ada beban atau merasa seperti disuruh. Jadi menyanyi harus bener2 dengan kerelaan bahkan kesenangan agar suaranya plong
4. Tanggung Jawab.
Ini yang wajib ente lakukan agar ente tidak mengecewakan banyak orang. Jadikan itu motivasi buat menghilangkan bosen dan suntuk. Tapi jangan malah dijadikan beban. Sebab mau gak mau setiap pekerjaan meskipun hanya seorang vokalis tetap pegang tanggung jawab yang gak kecil.
5. Cintailah Lagu.
Dengan mencintai lagu yang akan ente nyanyikan maka feel dan jiwa dari lagu tersebut akan cepet didapet dan pastinya otomatis mood akan menjadi baik. Jadi jangan sampai menyanyiin lagu karena terpaksa. Karena apapun itu kalo dipaksa hasilnya tidak akan baik.

6. Rasakan Emosi di setiap liriknya.
Tentunya ini membutuh pendalaman yang tidak gampang karena berhubungan dengan performa dipanggung dan kualitas suara yang keluar. Jadi rasakan sedih bila lagu itu sedih, rasakan gembira bila lirik lagu gembira. Jangan dibolak-balik malah tambah ilang mood-nya.

7. Atur Lokasi.
Ini juga berlaku pada saat manggung atou studio rekaman. Buatlah ruangan ato panggung semudah mungkin atau sebaik mungkin, agar mempermudah dalam aktivitas. Contohnya bersihkan kabel yang berseliweran atau aturlah posisi mikrofon seenak mungkin agar mood tetap terjaga.

8. Pahami Penonton.
Ini khusu buat acara panggung. Vokalis akan jadi juru bicara band (jika di band) dan kebiasaan/kesukaan penonton wajib diketahui apalagi kalo manggung di luar daerah. Bikin lelucon ato sesuatu hal yang disuka penonton setempat. Penonton senang, mood pasti ikut senag dong.

9. Istirahat.
Ini penting baik di panggung atau di studio terutama saat ente take vokal berkali-kali tapi tetep gagal. Hindari duduk atau diam di tempat. Lebih baik melakukan kegiatan lainnya seperti nonton acara TV kesukaan atau sesuatu yang bikin ente senang.

10. Profesional
Ini yang terakhir dan paling penting yaitu harus tetap profesional/fokus tanpa memikirkan masalah lainnya. Jadi jangan sampai masalah di luar atau masalah keluarga sampai berpenagaruh saat ente akan bernyanyi. Sebab penyanyi profesional pasti fokus dan tidak mencampurkan masalah. [balibluesky.blogspot.com/aa]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar